+6281 9094 70956 aku@pakeini.com
Ingin tahu lebih lanjut? Klik disini...

Bagaimana Blogging Bisa Mengembangkan Bisnis dan Kepribadianmu

by | May 4, 2017

Sejak 2014, saya selalu membuat tulisan untuk perusahaan dimana saya bekerja. Kali ini saya ingin menulis dalam kapasitas diri sendiri dan berbagi sedikit pengalaman di dunia blogging, copywriting, dan content creation.

Nulis jangan ya?’ Pertanyaan seperti itu mungkin sudah sering muncul di benak masyarakat yang hidup di era informasi saat ini.

Jika kalian masih bertanya, bisakah menulis meningkatkan penjualan? Jawabannya, ya! Sangat bisa, dan sudah terbukti oleh jutaan orang di dunia.

Karena sebenarnya hal yang perlu ditanyakan adalah apa yang harus ditulis untuk menaikan conversion rate?

Okay, sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya saya memberi batasan seperti apa seharusnya tulisan dalam sebuah blog itu.

Blog itu bukan tempat untuk konten sampah.

 

Image source: Google

 

 

Ya, konten sampah dimana orang cuma buka, baca, dan close tab dalam waktu kurang dari 30 detik. Buat apa menulis blog jika isinya adalah hal-hal yang tidak memberi manfaat kepada orang lain?

Ingat, para pembaca meluangkan waktunya untuk menatap layar mereka, maka sudah sepatutnya penulis juga membalas dengan memberikan informasi yang berguna.

Menulis itu butuh kesabaran. So, investasikan waktumu  untuk membuat materi tulisan yang baik sehingga bisa memberi nilai plus kepada audiens, dan yang paling penting, tidak usang oleh waktu.

Jangan gabungkan blog dengan pengumuman atau informasi update.

Image source: slideshare.com

Ini merupakan hal yang cukup sering diabaikan orang-orang. Kalau kamu ingin mengumumkan tentang informasi update terbaru mengenai barang dan layanan bisnismu, lakukanlah di sosial media, jangan digabungkan dengan tulisan di blogmu.

Jika saya mengunjungi blog sebuah perusahaan dan melihat isinya hanya informasi update dari waktu ke waktu, maka saya akan pergi tanpa perlu pikir panjang. Oleh karena itu, pisahkan antara ‘blog’ dan ‘pengumuman’ di websitemu.

 Sebetulnya tidak ada aturan benar atau salah dalam menulis sebuah blog. Namun mengingat membaca sebuah blog sama dengan ‘meminta’ orang lain untuk memberikan waktunya, maka lebih baik buatlah sesuatu yang memang memberikan manfaat.

 

***

Nah, sekarang balik lagi ke topik awal. Bagaimana menulis blog bisa mengembangkan bisnismu. Penulis hanya ingin menekankan pada tiga hal saja

 

1. Blog meningkatkan pengunjung di websitemu

Situs yang memiliki blog posts yang aktif, secara umum memiliki 30-40 % lebih banyak pengunjung dibanding bisnis lain yang nge-blog secara pasif.

Lebih dari itu, menulis blog juga merupakan teknik terbaik untuk meningkatkan SEO – teknik mengoptimalkan mesin pencari secara organik (singkatnya, tanpa bantuan iklan). Menempatkan websitemu dihalaman pertama Google tanpa bantuan iklan bukan perkara mudah, namun juga bukan hal yang mustahil.

Tulisan terbaru di blogmu merupakan hal yang paling disukai oleh Google. Oleh karena itu, dengan menulis konten yang bisa mengundang interaksi pembaca, websitemu akan lebih bisa dipercaya, dan Google menilai bahwa kamu berhak ditampilkan dihalaman depan.

Lihat contoh berikut ini.

Ini adalah salah satu screenshot Google Analytics  dimana saya berkontribusi sebagai penulis di blog website tersebut.

Sebuah tulisan dapat meningkatkan traffic website.

Kira-kira, apa yang menyebabkan grafik tersebut tiba-tiba naik? Kalian pasti sudah bisa menebaknya. Lihat kan bagaimana hebatnya efek sebuah tulisan blog yang baik terhadap traffic sebuah website?

2. Blog meningkatkan penjualan bisnismu

 

increase sales

Image by: businessuites.net

 

 

Ketika kamu  menyediakan konten dan informasi yang berkualitas kepada pembaca, sebenarnya kamu sedang membangun faktor yang sering dianggap enteng dalam berbisnis: kepercayaan.

Kepercayaan konsumen bisa membangun interaksi antara penjual dan pembeli, dan pada akhirnya bisa membuka peluang kepada penjualan. Bukankan kita semua tidak mau bertransaksi dengan seller yang tidak terpercaya?

Bayangkan hal berikut ini.

Kamu menulis sebuah artikel dan membagikannya di Facebook atau platform sosmed yang lain, kemudian beberapa orang membaca dan menyukai tulisanmu, lalu mereka membagikan ulang ke jaringan pertemanannya. 

 

Dari tiga tahapan itu saja, bisa dibayangkan betapa banyak orang yang terjangkau oleh tulisanmu. Lalu bayangkan beberapa pembaca akan tertarik untuk mengunjungi websitemu, dan mencari tahu tentang layanan yang ditawarkan perusahaanmu.

Selamat! kamu sudah punya calon konsumen baru yang dibangun atas kepercayaan mereka terhadap tulisan blogmu, benar begitu?

 

3.       Blog menunjukan bahwa kamu ahli di bidangnya.

 

 

Expertise

Image by: Jeff Bullas

 

Dengan memberikan pengetahuan dan informasi bermanfaat di lingkup bidangmu, kamu bisa menjadi expert dimata para pembaca, bahkan jika kamu tidak merasa expert!

Banyak website perusahaan yang hanya menjelaskan apa yang mereka lakukan, namun hanya sedikit yang memberi tahu tentang bagaimana cara melakukan sesuatu dan informasi bermanfaat lainnya untuk calon konsumen mereka.

Maka dari itu, menulis blog bukan hanya sekedar menambahkan nilai kepada websitemu, namun juga image perusahaanmu di mata konsumen.

***

 

Jika tiga hal diatas membahas keuntungan menulis blog untuk tujuan bisnis, maka tiga hal dibawah ini adalah keuntungan menulis blog untuk dirimu sendiri.  Ya benar, kamu!

1. Menulis membantumu berkomunikasi lebih baik.

 

Secara khusus, menulis sangat membantu meningkatkan kemampuan menyampaikan makna beserta tata bahasanya.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, dengan menulis saya bisa menyampaikan ide kedalam struktur yang paling kokoh sehingga orang bisa terus mengikuti apa yang saya sampaikan.

Mungkin jika kamu sudah membaca sampai bagian ini, kamu tidak sadar sudah membaca lebih dari 700 kata. Artinya, saya berhasil membuat tulisan yang meningkatkan engangement (baca: keterikatan).

Dengan blogging kamu akan belajar bagaimana menyampaikan ide secara jelas, to the point, dan belajar membuang ide-ide yang tidak perlu.

2.       Menulis bisa membuka banyak kesempatan.

 

Sebuah blog post yang ditulis dengan penuh perhatian bisa membuka peluang kepada jutaan kesempatan.

Contoh yang paling mudah adalah iklan.

Dengan banyaknya views dan engangement terhadap tulisanmu, maka dalam waktu yang singkat saja, kamu akan segera dihubungi oleh perusahaan yang ingin memasang iklan di halaman websitemu.

Jika kamu memberikan tarif bulanan untuk iklan tersebut, tentu akan jadi passive income yang lumayan bukan?

3.       Menciptakan sumber informasi untuk digunakan di masa depan.

 

Facebook live, Instagram daily, Snapchat, dan platform video pendek lainnya tentu punya tujuan dan fungsi masing-masing. Masalah utama dari media-media tersebut adalah satu: mereka tidak bertahan lama, dan dapat hilang dengan mudah.

Nah, jika kamu punya ide hebat yang bisa bermanfaat untuk banyak orang, sangat rugi jika harus hilang ditelan oleh timeline sosial media.

Lain halnya dengan blog.

Kontenmu akan tetap ada, dan masih bisa diakses bahkan setelah berbulan atau bertahun kemudian. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menyusun dan mengumpulkan e-book, modul, atau beragam jenis publikasi lainnya.

Sebagai contoh: saya berencana menggunakan blog baru saya ini untuk membantu teman-teman yang tertarik di dunia blogging dan sarana berbagi seputar web design dan internet marketing.

Tentu kamu bisa juga menggunakan blog untuk membahas bisnis, sosial, pendidikan, olahraga, politik, dan lain-lain.

Setelah membaca sejauh ini, apa yang bisa kamu lakukan?

 

 

 

·         Tulis artikel antara 500 sampai 2000 kata.
Google merekomendasikan setidaknya 350 kata untuk setiap artikel agar bisa lebih ‘bernilai’. Di sisi lain, artikel lebih dari 2000 kata akan terasa seperti sebuah bab pada buku.

·         Menulislah untuk pembaca, bukan sekedar untuk SEO.

Memang betul, nilai SEO sebuah halaman terletak pada berapa lama seseorang membuka halaman tersebut.

Namun bukan berarti kamu harus menulis seperti robot demi memenuhi standar SEO. Tidak begitu.

Menulislah dengan gayamu sendiri, dan berinteraksilah dengan pembaca. Itu jauh lebih baik dan manusiawi untuk meningkatkan peringkat di Google.

·         Gunakan lists, penanda, dan nomor.

Sebuah blog secara dominan pasti terdiri dari tulisan atau teks. Yang terpenting adalah bagaimana mengatur tulisan tersebut agar tampil menarik dan mudah dibaca.

Caranya adalah dengan menggunakan list dan angka disetiap ada kesempatan.

Sebelumnya, saya menuliskan tiga keuntungan menulis blog dalam perspektif bisnis, dan tiga keuntungan untuk pengembangan pribadi. Jika saya tulis itu semua kedalam satu paragraph, maka akan terlihat kurang menarik dan melelahkan mata.

Penulis juga harus peka akan kenyamanan pembaca. Maka dari itu keindahan visual sebuah tulisan juga menjadi tanggung jawab penulis.

·         Ikuti aturan struktur baku (Pembuka, Isi, Penutup).

Sangatlah masuk akal jika kita sebagai manusia menyukai hal yang teratur. Terlepas apakah itu film, musik, buku, kita semua senang mengikuti alur yang sama – pembuka, isi, penutup.

Mungkin begitulah cara otak manusia bekerja. Yang jelas dengan struktur seperti itu, setiap orang bisa mengikuti apa yang disampaikan dengan mudah.

·         Berikan ilmu yang bisa diterapkan.

Memberikan ilmu sebatas informasi memang baik, namun memberikan ilmu yang bisa dipraktekkan akan jauh lebih baik.

Dengan menerapkan ilmu yang sudah didapatkannya, pembaca akan merasa puas dan tidak merasa rugi atas waktu yang sudah di investasikan untuk membaca sebuah tulisan.

***

Inilah akhir tulisan saya.

Bagaimana, apakah sudah terinspirasi untuk mulai menulis sebuah blog?

Atau mungkin kamu bertanya ‘bagaimana caranya memulai sebuah blog?’

Untuk menjawabnya perlu penjelasan lebih panjang lagi. Namun saya merekomendasikan WordPress jika kamu ingin memulai sebuah blog atau website.

Saya harap tulisan ini memberikan inspirasi dan pencerahan tentang bagaimana menulis blog bisa membantu mengembangkan bisnis dan kepribadianmu.

Tulisan ini semua adalah tentang berbagi apa yang sudah kita pelajari kepada teman dan seluruh jaringan kita semua.

Start blogging and watch amazing things to happen! J

 

 

 

 

Pakeini.com adalah sebuah digital agency yang bergerak di bidang industri kreatif. Hasil pekerjaan Pakeini.com merupakan Hak Kekayaan Intelektual yang diatur dan dilindungi dalam UU nomor 28 Tahun 2014 mengenai Hak Cipta.

Hak Cipta Pakeini.com 2017

Pin It on Pinterest

Share This

Daftar untuk berlangganan newsletter Pakeini.com

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi dari kami!

Selamat! Anda sudah terdaftar dalam mailing list kami!